SILABUS DAN RPP

CHAT

Tulisanku

Unduh Kurikulum 2013

Video

Selasa, 06 Maret 2012

Karya Wisata

KARYA WISATA

Tempat yang sesuai untuk melakukan karya wisata adalah yang sesuai dengan materi materi yang akan dipelajari. Kalau materi yang kita pelajari tentang batik tulis, maka tempat yang tepat untuk karya wisata adalah tempat produksi batik tulis.

A.    Tujuan Karya Wisata
Tujuan dari karya wisata ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada kita terhadap materi pembelajaran dengan cara mengunjungi tempat-tempat karya wisata secara langsung sehingga dapat dijadikan sebagai nilai tambah dan pemahaman terhadap materi pembelajaran . Sehingga dari kunjungan karya wisata ini kita dapat mengambil beberapa keuntungan sebagai berikut :
1.     Mendapat informasi secara langsung
2.     Melihat benda secara langsung
3.     Menyaksikan proses kerja secara langsung
4.     Pengalaman dan informasi akan tersimpan dalam ingatan lebih lama.

B.    Persiapan Karya  Wisata
Sebelum melakukan karya wisata ada beberapa hal yang harus dipersiapkan antara lain :
1.     Meminta izin kepada yang berwenang ditempat produksi atau karya wisata tersebut.
2.     Transportasi ke tempat karya wisata.
3.     Masalah keamanan selama kunjungan ke tempat karya wisata.
4.     Ketertiban, kebersihan selama berkunjung ke tempat karya wisata.
5.     Mempersiapkan catatan untuk mencatat hal-hal yang penting.
6.     Dokumentasi untuk melengkapi catatan.

C.     Mengenal alat dan bahan pembuatan batik
Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk membuat batik :
1.     Lilin malam (wax)
Lilin malam adalah bahan perintang dalam seni batik. Yang dimaksud perintang yaitu menghalangi agar warna tidak mengenai kain mori yang dilapisi lilin malam. Dengan demikian setelah diluruhkan (proses pelorodan) kain tetap putih.
Lilin malam yang belum digunakan berupa bongkahan padat. Oleh karena itu untuk menggunakannya harus dipanaskan supaya encer dengan menggunakan kompor. Sebagai wadahnya digunakan wajan kecil.

2.     Canting Tulis
Canting tulis yaitu alat untuk membuat pola batik tulis. Fungsi canting seperti pulpen sedangkan lilin malam sebagai tintanya. Canting tulis terbuat dari lempengan tembaga tipis yang diberi gagang dengan kayu atau glagah.
Canting tulis terdiri atas bagian kepala canting (nyamplungan), cucuk canting, dan gagang canting. Kepala canting fungsinya untuk menampung cairan lilin malam, sedangkan cucuk canting sebagai tempat keluarnya cairan lilin malam.

3.     Gawangan
Sebenarnya gawangan tidak termasuk alat untuk membuat batik. Gawangan hanya alat bantu untuk meletakkan kain mori pada saat akan dibatik agar mudah dikerjakan. Gawangan terbuat dari kayu atau bambu.

4.     Canting Cap
Canting cap yaitu alat untuk membuat pola batik dengan teknik cap.
Teknik cap sama dengan ketika kita menggunakan stempel. Canting cap digunakan untuk membuat pola yang sama pada bidang kain yang lebar dengan proses yang lebih cepat.
Konstruksi canting cap terdiri atas permukaan, badan penahan, dan gagang. Permukaan merupakan bagian canting cap yang berbentuk motif batik. Bagian ini terbuat dari bahan tembaga tipis sehingga mudah dibentuk pola. Bagian badan penahan terbuat dari plat besi yang berguna untuk memberikan kekuatan pada bagian permukaan canting. Hal ini disebabkan permukaan canting yang terbuat dari bahan tembaga tidak terlalu kuat jika ditekan. Oleh karena itu harus ditopang bahan dari besi.
Bagian gagang canting terbuat dari besi yang dilapisi dengan kayu agar tidaj panas.

5.     Kain Mori
Kain untuk bahan batik disebut kain mori. Kain mori terbuat dari kapas atau biasa disebut bahan katun. Kata katun berasal dari bahasa inggris, yaitu cotton yang berarti kapas.

6.     Pewarna Batik
Pewarna batik dibedakan menjadi dua, yaitu pewarna alam dan pewarna buatan (sintetis). Pewarna alam dibuat dari bahan alam, seperti daun-daunan, kulit kayu, umbi, buah, dan kulit buah. Sedangkan pewarna sintetis dibuat dari bahan-bahan kimia.


0 komentar:

BATIK KLS 3

BATIK KLS 4

BATIK KLS 5

BATIK KLS 6

Pilih Bahasa

KALENDER

Arsip Blog

Matematika, 4,5,6

M-edukasi

www.m-edukasi.web.id blog guru
Sahabat Edukasi

Tentang Saya