Search

Memuat...

SILABUS DAN RPP

CHAT

Tulisanku

Unduh Kurikulum 2013

Video

Minggu, 25 Maret 2012

Membuat Pola Batik


MEMBUAT POLA BATIK

Dalam membatik dibutuhkan keluwesan dan kecepatan membentuk suatu motif. Selain itu diperlukan daya cipta dan kreativitas dalam membuat gambar (pola) dengan canting di atas kertas atau kain.
Dalam membuat pola batik, dikenal tiga tingkatan latihan, yaitu tingkat pertama, tingkat kedua, dan tingkat ketiga.

Tingkat Pertama yaitu melatih tangan mencapai keluwesan dan kecepatan membuat garis dan bentuk tertentu. Bentuk latihan dengan membuat garis dan bentuk dengan pensil di atas kertas.

Tingkat Kedua yaitu melatih daya cipta atau kreativitas. Latihan yang dilakukan adalah membuat stilasi benda-benda yang ada di sekitar. Kemudian latihan di tingkatkan dengan menggambar benda-benda khayalan. Latihan berikutnya adalah menggabungkan unsur-unsur gambar dalam sebuah komposisi bidang.

Tingkat ketiga dengan membuat gambar (pola) menggunakan canting di atas kain. Dalam membatik dibutuhkan pengalaman dan ketrampilan.

Membuat pola ada tiga langkah yaitu membuat pola pokok, membuat motif isen, dan membuat motif pengisi bidang.

A. Membuat Pola Pokok

Di dalam membuat pola batik, langkah pertama adalah membuat pola pokok. Pada latihan ini kita mengambil contoh pola pokok motif hias kawung. Tebali titik-titik di bawah ini sehingga menjadi garis.
Pada pola hias kawung di atas dihiasi dengan motif pengisi. Banyak variasi motif pengisi yang dapat dibuat. Kalian daopat membuat variasi sendiri untuk motif isen, atau mootif pengisi bidang yang ada.

B. Membuat Motif Pengisi Bidang dan Isen

1. Motif Pilin Berganda
Lengkapilah bidang-bidang kosong pada gambar pola pokok motif pilin berganda di bawah ini dengan ragam hias pengisi bidang sesuai dengan kreasimu sendiri.



2. Motif Tumpal
Lengkapilah bidang-bidang kosong pada gambar pola pokok motif tumpal dibawah ini dengan ragam hias pengisi bidang sesuai dengan kreasimu !

3. Motif Banji
Lengkapilah bidang-bidang kosong pada gambar pola pokok banji di bawah ini dengan ragam hias pengisi bidang !

1 komentar:

BATIK KLS 3

BATIK KLS 4

BATIK KLS 5

BATIK KLS 6

Pilih Bahasa

KALENDER

Arsip Blog

Matematika, 4,5,6

M-edukasi

www.m-edukasi.web.id blog guru
Sahabat Edukasi

Tentang Saya