Search

Memuat...

SILABUS DAN RPP

CHAT

Tulisanku

Unduh Kurikulum 2013

Video

Jumat, 23 Maret 2012

Ragam Hias Geometris


RAGAM HIAS GEOMETRIS

Ragam hias di sebut juga motif hias. Motif Hias adalah motif yang berfungsi untuk menghias suatu bidang, bidang yang dimaksud adalah kain. Ragam hias geometris adalah ragam hias (motif hias) yang menggunakan unsur geometris sebagai bentuk dasarnya. Ragam hias geometris mempunyai bentuk dasar bidang-bidang seperti, segi tiga, segi empat, lingkaran, layang-layang, dan bangun lainnya. Pada pelajaran batik kelas 4 telah dibahas tentang motif tradisional, maka pada pelajaran ini akan kita pelajari secara lebih rinci.

A. Swastika

Swastika adalah motif hias berbentuk dasar huruf Z yang saling berlawanan. Di dalam batik, motif swastika biasanya digunakan sebagai hiasan pinggir.





















B. Banji

Banji adalah motif swastika berkait atau saling berhubungan. Motif ini digunakan sebagai penghias bidang. Motif banji lengkap dengan motif isen-isen dan motif pengisi lainnya.



 C. Pilin

Motif hias pilin adalah motif hias yang mempunyai bentuk dasar huruf S atau spiral. Motif ini berfungsi untuk hiasan pinggir dan pengisi bidang.













D. Meander

Motif hias meander adalah motif yang memiliki bentuk dasar  huruf T. Motif ini biasanya digunakan untuk membuat hiasan pinggir.


















 E. Pinggir Awan

Motif hias pinggir awan merupakan pengembangan motif hias meander. Motif ini digunakan untuk hiasan pinggir.


F. Kawung

Motif hias kawung ialah motif hias berbentuk dasar lingkaran. Kawung berarti aren atau kolang-kaling. Motif kawung menyerupai buah aren (kolang-kaling) yang dipotong melintang sehingga kelihatan empat potongan bijinya. Motif hias kawung digunakan untuk hiasan pinggir. Namun lebih banyak digunakan untuk hiasan bidang.















G. Tumpal

Motif hias tumpal adalah ragam hias yang mempunyai bentuk dasar segitiga. Ragam hias ini digunakan untuk hiasan pinggir.



H. Ceplokan

Motif hias ceplokan adalah ragam hias yang terdiri atas satu motif dan disusun berulang-ulang. Motif hias ini disebut juga motif kertas tempel.