Search

Memuat...

SILABUS DAN RPP

CHAT

Tulisanku

Unduh Kurikulum 2013

Video

Rabu, 06 Juni 2012

RAGAM HIAS NON GEOMETRIS

Tahukah kalian cara belajar yang paling menyenangkan dan mudah diingat ? Cara belajar yang paling menyenangkan dan mudah diingat adalah dengan memperoleh pengalaman secara langsung. Artinya untuk memperoleh pengalaman langsung kalian dapat melakukannya ke tempat produksi batik. Tempat-tempat seperti ini dapat kita temukan di wilayah Pekalongan. Di tempat produksi tersebut kalian dapat menanyakan banyak hal tentang batik.

Pada pembahasan yang lalu kita telah menyinggung bahwa motif hias batik tradisional terdiri atas motif geometris dan non geometris. 
1. Pengertian Ragam Hias Non Geometris
    Ragam hias non geometris adalah ragam hias yang tidak menggunakan unsur garis dan bidang geometri sebagai bentuk dasarnya. Secara garis besar bentuk motif hias non geometris terdiri atas motif tumbuhan dan motif binatang.
A. Ragam ( Motif Hias ) Tumbuhan
     Banyak unsur tumbuhan dapat dijadikan motif seni batik seperti ; daun, tangkai, kuncup, bunga, sulur, dan sebagainya. perhatikan gambar di bawah ini












B. Ragam ( Motif Hias ) Binatang
    Seperti halnya pada motif tumbuhan, motif binatang yang dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk menciptakan motif batik juga banyak, antara lain kupu-kupu, burung, sayap, kijang, dan lain sebagainya. perhatikan contoh di bawah ini :









C. Pengertian Batik
     Ada banyak pendapat tentang pengertian batik . Menurut Dr. Kusnin Asa, Batik berasal dari kata Ba dan Tik. Ba diambil dari kata bahan yaitu kain mori dan tik diambil dari kata titik, yaitu motif yang digunakan.. Jadi batik berarti bahan (kain) yang dihiasi motif (titik).

0 komentar:

BATIK KLS 3

BATIK KLS 4

BATIK KLS 5

BATIK KLS 6

Pilih Bahasa

KALENDER

Arsip Blog

Matematika, 4,5,6

M-edukasi

www.m-edukasi.web.id blog guru
Sahabat Edukasi

Tentang Saya