Search

Memuat...

SILABUS DAN RPP

CHAT

Tulisanku

Unduh Kurikulum 2013

Video

Senin, 04 Februari 2013

MEMBATIK DENGAN MALAM DINGIN

     Sebuah terobosan baru dalam dunia perbatikan setelah ditemukannya canting elektronik, kini di Pekalongan membatik bisa dilakukan dengan menggunakan lilin malam dingin. Kalau pada umumnya banyak perajin batik menggunakan lilin malam yang dipanaskan dengan kompor maka lilin atau malam dingin ini tidak perlu dipanaskan dengan kompor. Sangat praktis dan cocok untuk pembelajaran batik khususnya bagi anak-anak usia TK Maupun Sekolah Dasar.
       Karena malam dingin ini sama sekali tidak berbahaya dan aman digunakan. Lalu bagaimana malam dingin ini dibuat ? Hal ini menurut penuturan salah seorang perajin yang sudah mengembangkan malam dingin ini telah melakukan beberapa kali uji coba dengan beberapa bahan yang apabila dicampur dengan malam tidak akan membeku. Untuk menghasilkan malam dingin ini maka malam yang masih padat atau berupa bongkahan harus dimasak (dipanaskan) dulu kemudian dicampur dengan bahan tertentu sehingga terbentuklah malam dingin. Akan tetapi setelah malam dingin ini terbentuk harus segera dimasukkan ke dalam botol yang tertutup rapat untuk menghindari agar tidak terkena angin atau udara luar sehingga lilin malam tidak beku. Setidaknya malam dingin dalam botol ini bisa bertahan hingga sampai 3 bulan atau lebih tergantung dari cuaca dan botol yang digunakan, dan apabila beku malam bisa dimasak (dipanaskan) kembali.
        Oleh karena itu Kami di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Kota Pekalongan telah mencoba penggunaan lilin malam dingin ini untuk pembelajaran batik bagi anak-anak, yang sebelumnya juga pernah praktik batik dengan menggunakan malam panas seperti pada umumnya. Ternyata sangat cepat ketika anak-anak menggambar dengan menggunakan lilin malam dingin, karena alat yang digunakan tidak lagi menggunakan canting tulis tetapi menggunakan alat semacam bolpoint yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga mudah menggunakannya seperti ketika menulis atau menggambar dengan pensil. Berikut beberapa foto kegiatan membatik dengan malam dingin.
Proses pembuatan pola langsung dengan alat semacam canting





Proses pewarnaan batik dengan cara colet (menggunakan kuas)
O ya untuk malam dingin ini tidak dijual bebas di toko-toko obat batik tetapi justru dijual untuk keperluan dan kalangan tertentu, dan siap menerima pesanan. Untuk satu paket kegiatan ini dibandrol dengan harga 10.000,- rupiah (sudah termasuk kain). Akan tetapi jika kita berkeinginan untuk memiliki satu set peralatan membatik ini ( alat untuk mencanting, malam dingin ) harganya sekitar 45.000,00 rupiah. Malam dingin ini dikemas dalam botol yang bisa digunakan untuk 10 canting lebih.

9 komentar:

BATIK KLS 3

BATIK KLS 4

BATIK KLS 5

BATIK KLS 6

Pilih Bahasa

KALENDER

Arsip Blog

Matematika, 4,5,6

M-edukasi

www.m-edukasi.web.id blog guru
Sahabat Edukasi

Tentang Saya